5 Tips Belajar Menjelang Penilaian Akhir Semester

Posted on

5 tips belajar menjelang akhir semester

5 Tips Belajar Menjelang Penilaian Akhir Semester
1. Belajar di waktu yang tepat

Ada beberapa teori bahwa waktu belajar paling efektif adalah pada malam hari. Sayangnya, ada penelitian lain yang menyarankan bahwa belajar lebih baik di pagi hari (subuh). Berapa pun waktu belajar yang bisa Anda gunakan, Anda harus tetap mengkondisikan tubuh Anda. Karena ada orang yang tubuhnya sangat efisien di malam hari.

Mereka harus bisa mengetahui bahwa Anda adalah seseorang yang mendapat pelajaran cepat di malam hari atau di pagi hari. Jangan samakan waktu belajarmu dengan teman-temanmu. Jika Anda merasa belajar di pagi hari lebih mudah untuk dipahami, biasakan saja mulai sekarang.

Kiat untuk mempersiapkan studi Anda

(Sumber: bobo.grid.id)

2. Sering menjawab soal latihan

Jangan pernah merasa sombong dan memahami materi yang telah Anda pelajari dengan baik. Tidak ada yang akan mempercayai Anda jika Anda mengatakan: “Saya sudah mengerti hal ini”

Satu-satunya cara untuk membuktikan bahwa Anda benar-benar mengerti adalah dengan menjawab soal latihan. Ada beberapa cara Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Anda dapat mencoba menjawab maksimal 3 pertanyaan di setiap mata pelajaran setiap hari. Jika Anda melakukan perhitungan, jika Anda menjawab 3 soal latihan setiap hari, Anda dapat menjawab lebih dari 50 soal latihan dalam 1 bulan.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Daya Ingat Agar Tidak Cepat Lupa
3. Belajar kelompok

Selama PAS, Anda tidak diperbolehkan bekerja sama dengan teman Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Namun, menjelang akhir semester, tak ada salahnya Anda dan teman-teman mengerjakan soal latihan bersama-sama. Ya, dengan kata lain bisa menggunakan pembelajaran kelompok lho. Misalnya menentukan hari apa dan di rumah siapa akan belajar.

Salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan dari belajar berkelompok adalah bisa saling berbagi. Tahukah Anda, tidak hanya menjawab soal latihan, belajar kelompok juga bisa melatih keberanian untuk berpendapat bahkan kecerdasan emosional untuk menerima pendapat orang lain. Selain itu juga dapat membangun lebih banyak keakraban dengan teman-teman.

Sebagai? Apakah Anda belajar dalam kelompok hari ini?

Tips belajar sebelum akhir semester penilaian

Baca Juga: Cara Belajar Efektif Menurut Penelitian
4. Pilih suasana belajar yang menyenangkan

Tip nomor 4 sama dengan tip nomor 1 sebelumnya. Setiap orang punya pilihannya masing-masing. Pasti ada diantara kalian yang belajar di tempat yang tidak bising. Istilah kerennya suasananya kondusif. Tempat favorit untuk belajar biasanya perpustakaan.

Ada juga yang senang belajar di kafe sambil menyeruput teh Thailand atau menyeruput boba. Pasang headset dan dengarkan lagunya. Kemudian mulailah mengerjakan soal. Saat Anda haus, hisap saja Thai Tea di depan mata Anda. Tidak ada yang salah dengan suasana belajar, yang perlu Anda pahami adalah Anda perlu mengetahui jenis suasana apa yang mendukung pembelajaran Anda. Anda seharusnya sudah tahu, kan?

Tips mempersiapkan ujian

(Sumber: dblindonesia.com)

5. Istirahat dengan Sholat

Terus belajar.. terus belajar.. terus belajar..

Sakit…!!

Tuhan melarang, ya. Jangan biarkan itu terjadi pada Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengistirahatkan tubuh setelah belajar. Belajar secara teratur memang baik, namun harus dibarengi dengan jadwal istirahat yang tepat. Baik tidur maupun olahraga harus dilakukan dengan jadwal yang teratur.

Oh ya, jangan lupa berdoa juga ya teman-teman. Doa dapat meningkatkan rasa percaya diri kita akan kemampuan kita dalam menjawab soal-soal di akhir semester. Minta juga orang tuamu untuk mendoakanmu agar nanti kamu bisa mulai menjawab soal-soal ujian.

Sumber :