100 Contoh Anecdote Text Beserta Penjelasannya Terlengkap

Posted on

100 Contoh Teks Anekdot dan Penjelasan Lengkapnya

contoh-anecdote-text

100 Contoh Teks Anekdot Beserta Penjelasan Terlengkap – Baik Sobat SBI yang super. Satu lagi teks bahasa Inggris yang akan saya bahas disini adalah Anecdote Text. Sebagian teman-teman SBI di rumah pasti pernah mendengar Anecdote Text bukan? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh teks anekdot beserta penjelasannya. Perhatikan baik-baik Pengertian, Tujuan Komunikatif, Struktur Generik, Ciri Bahasa, dan Contoh Anecdote Text di bawah ini!

A. Memahami Teks Anekdot

Anecdote Text adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris yang termasuk dalam kelompok Narration yang menceritakan kembali kejadian-kejadian aneh atau kejadian-kejadian yang tidak biasa dalam bentuk fakta atau imajinasi.

B. Teks Anekdot Tujuan Komunikatif

Tujuan Komunikatif Anecdote Text adalah untuk menceritakan kembali kejadian aneh atau kejadian tidak biasa yang dimaksudkan untuk menghibur pembaca.

C. Teks Anekdot Struktur Umum

Ada 4 Struktur Generik Anecdote Text, yaitu:

  • 1. Abstrak
    Struktur umum pertama dari Anecdote Text adalah Abstrak. Secara abstrak biasanya berisi tentang pengenalan kejadian aneh atau kejadian luar biasa yang akan diceritakan. Ada beberapa Abstrak dari Teks Anekdot yang diawali dengan penggunaan kalimat tanya, namun beberapa Abstrak dari Teks Anekdot tidak menggunakan kalimat tanya.
  • 2. Orientasi
    Struktur generik kedua dari Anecdote Text adalah Orientation, Orientation dalam Anecdote Text berisi karakter, waktu terjadinya, dan setting kejadian aneh atau kejadian ganjil yang terjadi.
  • 3. Krisis
    Struktur umum ketiga dari Anecdote Text adalah Crisis. Bagian ini berisi tentang kejadian aneh atau kejadian aneh yang terjadi. Penulis biasanya menceritakan kejadian aneh tersebut secara detail.
  • 4. Reaksi/Insiden
    Struktur umum terakhir dari Anecdote Text adalah Coda. Bagian Coda berisi tentang bagaimana karakter utama menyelesaikan masalah dan merupakan akhir dari kejadian aneh tersebut.

D. Fitur Bahasa Teks Anekdot

Semua jenis teks bahasa Inggris memiliki fitur bahasa. Berikut ini adalah beberapa ciri kebahasaan atau language features yang biasanya terdapat pada Anecdote Text:

  • 1. Menggunakan past tense: (waktu lampau), seperti: Saya melihatnya tadi malam. Baca penjelasan Past Tense
  • 2. Menggunakan pertanyaan retorika, seperti: Tahukah kamu apa?
  • 3. Menggunakan konjungsi waktu, seperti: Dan kemudian, setelah itu, dll.
  • 4. Menggunakan kata kerja tindakan, seperti: pergi, berlari, dll.
  • 5. Menggunakan kalimat imperatif (kalimat perintah), seperti: Follow me.
  • 6. Gunakan kalimat seru, seperti: it’s amazing, it’s awesome, dll.

Contoh teks anekdot dan artinya

Kadal Besar di Pemandian

Abstrak

Bagaimana Anda ingin menemukan Kadal Besar di kamar mandi Anda? Yang mengerikan juga!

Orientasi
Kami baru saja pindah ke rumah lain, yang sudah lama tidak terisi sehingga semuanya menjadi reruntuhan yang menjijikkan. Anna dan saya memilih untuk membersihkan pancuran, jadi kami mulai, dan menyalakan keran.

Krisis
Tiba-tiba dengan sedih, kepala Kadal Besar muncul di celah yang pas. Kemudian merangkak keluar apa pun yang tersisa dari tubuhnya yang kurus dan panjang. Dia berkeliaran tanpa tujuan di dasar pancuran yang rumit, meludah dan bergumam pada kami.

Reaksi/Insiden
Untuk sesaat aku tetap di sana benar-benar mati. Saat itu saya berteriak memanggil pasangan saya, yang untungnya datang berlari dan membantai Kadal Besar dengan gagang sikat lantai. Anna, yang baru berusia tiga tahun saat itu, sangat terinspirasi oleh seluruh bisnis. Yang pasti, saya harus menariknya keluar dari jalan yang tidak biasa atau dia mungkin akan membungkuk di atas pancuran untuk memperbaiki penampilannya!

Coda

Setelah itu saya biasanya memasang modul dengan kuat sebelum mengalirkan air pancuran.

Arti dalam bahasa Indonesia:

Kadal di Kamar Mandi

Abstrak

Bagaimana Anda ingin menemukan biawak di kamar mandi Anda? Yang jahat juga!

orientasi

Kami baru saja pindah ke rumah baru, yang sudah lama kosong sehingga semuanya berantakan. Anna dan aku memutuskan untuk membersihkan kamar mandi terlebih dahulu, jadi kami mengaturnya, dan menyalakan keran.

krisis

Tiba-tiba yang membuat saya ngeri, kepala biawak muncul di lubang sumbat. Kemudian keluarlah sisa tubuh kurusnya yang panjang. Dia memutar dan memutar di dasar bak mandi yang licin, meludah dan mendesis pada kami.

Reaksi / Insiden

Untuk sesaat aku berdiri di sana cukup lumpuh. Kemudian saya berteriak memanggil suami saya, yang untungnya datang berlari dan membunuh biawak dengan gagang sapu. Anna, yang saat itu baru berusia tiga tahun, cukup tertarik dengan bisnis ini. Memang saya harus menariknya keluar atau dia mungkin bersandar di bak mandi untuk melihat lebih baik!

Coda

Sejak saat itu saya selalu memasang steker dengan kuat sebelum mengalirkan air shower.

Sumber :