Epidemiologi adalah: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis

Posted on

Definisi epidemiologi
Buka baca cepat

Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari pola kesehatan dan penyakit serta faktor terkait di tingkat populasi. Biasanya tujuan mempelajari epidemiologi adalah untuk menyelidiki suatu kejadian yang berhubungan dengan kesehatan agar dapat dikendalikan, seperti saat terjadi wabah.
Pengertian Epidemiologi Menurut para ahli

Epidemiologi-adalah-Pengertian-Tujuan-Fungsi-Manfaat-Jenis

Berikut pengertian epidemiologi menurut para ahli antara lain sebagai berikut:

1. Lilienfeld (1977)

Menurut Liliendfeld, epidemiologi adalah metode berpikir tentang penyakit dalam konteks penilaian biologis dan didasarkan pada pengamatan tingkat kesehatan suatu populasi.
2. Lilienfeld (1977)

Menurut Liliendfeld, epidemiologi adalah metode berpikir tentang penyakit dalam konteks pengkajian biologis dan didasarkan pada pengamatan tingkat kesehatan suatu populasi.

3. Rusa (1883)

Menurut Hirsch, epidemiologi adalah gambaran kejadian, penyebaran jenis penyakit pada manusia pada waktu tertentu di berbagai tempat di muka bumi dan dalam hubungannya dengan kondisi luar.
4. SIAPA

Menurut WHO, epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sebaran dan determinan kesehatan dalam kaitannya dengan kejadian dalam populasi dan penerapan studi untuk memecahkan masalah kesehatan.
Baca lebih lanjut: Memahami Email

5. Greenwood (1934)

Menurut Greenwood, epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari penyakit dan segala macam kejadian yang mempengaruhi populasi (flok). Keuntungannya adalah fokusnya adalah pada populasi yang mengarah pada penyebaran suatu penyakit.
Target Epidemiologis

Di bawah ini adalah tujuan epidemiologi dalam kehidupan masyarakat, diantaranya:

Ketika seseorang diracuni oleh keracunan massal, penyebab keracunan tersebut dapat diteliti dengan menggunakan epidemiologi.
Untuk mengetahui hubungan antara kanker paru-paru dan asbes, merokok dan penyakit jantung, serta hubungan antara penyakit dan masalah kesehatan lainnya.
Tentukan apakah hipotesis hewan awal sesuai dengan data epidemiologi.
Memperoleh informasi dan pengetahuan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam perencanaan, penanggulangan masalah kesehatan, dan penetapan prioritas kesehatan masyarakat

Menurut Risser (2000), tujuan epidemiologi meliputi:

Untuk menjelaskan penyebaran, riwayat alami suatu penyakit, dan kondisi kesehatan masyarakat.
Jelaskan dan simulasikan etiologi penyakit.
Memprediksi prediksi kejadian penyakit.
Mengendalikan penyebaran penyakit dan gangguan kesehatan pada penduduk.

Fungsi epidemiologis

Fungsi epidemiologi meliputi:

Jelaskan sejauh mana masalah dan gangguan kesehatan (termasuk penyakit) dan bagaimana penyebarannya dalam populasi tertentu.
Menyiapkan data dan informasi yang penting untuk perencanaan, pelaksanaan program, dan evaluasi berbagai kegiatan pelayanan (kesehatan) bagi masyarakat, baik dalam pencegahan dan pengendalian penyakit maupun dalam bentuk lainnya, dan dengan tegas memprioritaskan kegiatan tersebut.
Menyelidiki, meneliti, dan menemukan berbagai faktor penyebab masalah atau terkait dengan terjadinya masalah tersebut.

 

 

LIHAT JUGA :

https://jalantikus.app/
https://freemattandgrace.com/
https://merpati.co.id/
https://apkmod.co.id/
https://sel.co.id/
https://www.jawarafile.com/
https://www.ram.co.id/
https://situsiphone.com/
https://9apps.id/
https://ngegas.com/