Panduan Instalasi Listrik Rumah yang Benar dan Aman

Posted on

4+ tips pemasangan listrik aman yang bisa Anda lakukan sendiri

Panduan Instalasi Listrik Rumah yang Benar dan Aman

1. Cara memasang sakelar tunggal

Jika Anda juga memasang satu sakelar, Anda harus menjaganya tetap aman, mis. B. saklar ganda. Saklar untuk menghidupkan atau mematikan perangkat listrik ini perlu diikat dengan sambungan aktif.

Pastikan tidak ada kabel yang tertukar selama pemasangan karena ini dapat menyebabkan sakelar tidak berfungsi dengan benar.

Untuk membantu Anda lupa saat memasang sakelar, posisikan sakelar di tempat yang kira-kira besar di mana tidak ada kabel yang bersilangan, atau tandai salah satu kabel

Ada 2 bagian pada saklar saat anda melakukan pemasangan yaitu saluran hidup dan tanah

Agar tidak salah saat memasang instalasi listrik, selanjutnya adalah refleksi yang bisa Anda cermati.

Saat memasang kabel dan fitur lainnya, pastikan kabel tidak saling bersilangan sehingga suatu masalah dapat diperbaiki dengan cepat tanpa harus mengganggu saluran kabel lainnya.

Rangkaian instalasi listrik biasanya mencantumkan data watt yang nantinya akan digunakan saat membagi ruangan. Anda tidak perlu berpedoman pada desain, bisa dibandingkan dengan ruang yang ada.

Ingat, jika Anda tidak dapat memasangnya sendiri, Anda dapat menggunakan jasa tukang listrik yang berpengalaman.
2. Cara memasang meteran listrik

Cara memasang meteran listrik sendiri

Untuk memudahkan anda dalam memasang meteran di rumah sebaiknya anda membuat desain rumah yang sederhana, kemudian dengan ruangan dan jenis saklar yang digunakan.

Dengan cara ini, meteran dan posisinya mudah digunakan. Terutama saat menggunakan meteran prabayar, mudah untuk mengisi ulang token impuls saat habis.

Jika ada pertanyaan seputar meteran instalasi listrik, Anda bisa menghubungi call center PLN di nomor 123 atau datang langsung ke kantor PLN terdekat untuk memasang meteran. Ini karena sebagian besar meteran diatur langsung oleh PLN, dan pemasangannya cukup cepat

Yang juga berhubungan dengan meteran adalah soket, biasanya simbol soket mudah ditemukan pada gambar saklar. Aplikasi dapat memasang stopkontak di mana saja tanpa takut konsumsi daya.

Baca juga Berapa Biaya Jasa Kontraktor Rumah Kost?
3. Bagaimana cara memasang alasnya?

Pasang stopkontak yang nyaman

Bagi Anda yang memasang stopkontak, sebaiknya gunakan tes untuk mengetahui apakah ada tekanan listrik di dalamnya.

Kebanyakan orang mengatakan bahwa soket memiliki bentuk kotak dengan colokan, meskipun sekarang modelnya lebih bervariasi.

Peran soket tunggal adalah sebagai pemutus arus ketika ada kontak positif atau negatif saat menarik listrik.

Petunjuk cara memasang soket juga tidak sulit, pastikan ada aliran listrik yang mengalir di sana dan 3 kabel yang digunakan yaitu soket masuk, soket keluar, dan soket yang dapat dicolokkan sudah tersambung dengan benar.
4. Standar dalam instalasi listrik

Saat memasang instalasi, Anda harus mengikuti standar instalasi listrik agar tidak ada hal-hal yang merugikan.

Salah satunya dengan mengenali gambar instalasi pada rumah, sehingga penghuni rumah dapat melakukan aktivitas positif tanpa mengorbankan kenyamanan.

Setelah itu gunakan kabel yang bagus yang tidak mudah rusak dan pastikan kabelnya SNI, karena pemasangan instalasi listriknya rumit dan digunakan dalam waktu yang lama. Tentunya sebagai pemilik rumah tidak ada kerusakan yang diakibatkan hanya karena salah pemasangan listrik saja.

Ini sobat membangun rumah, instalasi listrik rumah aman dan bisa dilakukan sendiri, pastikan sebelum memasang listrik sebaiknya memakai sepatu atau sandal agar terhindar dari sengatan listrik. atau lebih aman mematikan meteran listrik alternatif terlebih dahulu. Untuk jasa instalasi listrik bergaransi, Anda bisa langsung menghubungi kontraktor listrik yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun, yang bisa Anda temukan di halaman utama website ini.

Sumber :