30 Istilah dalam Investasi Saham, Investor Pemula Wajib Tahu

Posted on

Kondisi penyimpanan yang perlu Anda ketahui

30 Istilah dalam Investasi Saham, Investor Pemula Wajib Tahu

kamp atau gudang

Pertama-tama, perlu dipahami apa yang dimaksud dengan saham, yang merupakan bukti kepemilikan atas suatu aset (saham) tertentu dari suatu perusahaan. Kata kamp berasal dari bahasa Arab. Menurut literatur fiqh, kata saham diambil dari istilah Musahamah, asal kata Sahm, dengan bentuk jamak Ashum atau Suhmah, artinya bagian, yaitu harta. Sehingga pemegang saham juga merupakan pemilik perusahaan.
Bursa Efek Indonesia (Bursa Efek)

Bursa Efek Indonesia, atau disingkat BEI, adalah platform pasar untuk perdagangan saham di tingkat nasional, dan ada bursa lain di berbagai kota dan negara. Status hukum BEI adalah perusahaan yang berkedudukan di Jakarta dan telah memperoleh izin usaha dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sebagai pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana untuk mencocokkan penawaran jual dan permintaan pembelian efek dengan berbagai pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek di antara mereka. Selain itu, ada banyak istilah lain di bursa dan bursa. Istilah dasar dan penting.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

IHSG merupakan indeks yang mengukur perkembangan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), yang dapat dijadikan acuan untuk memantau naik atau turunnya harga saham perusahaan publik.
sekuritas atau sekuritas

Saham sering disamakan dengan saham. Saham hanyalah salah satu bentuk saham. Ada juga kewajiban, pengakuan utang dan sebagainya. Sekuritas didefinisikan sebagai surat berharga yang memiliki nilai dan dapat diperjualbelikan.
penerbit atau peserta atau penerbit

Emiten adalah penerbit surat berharga. Emiten dapat berupa individu atau kelompok orang yang menjadi anggota organisasi atau perusahaan atau asosiasi atau usaha patungan yang menerbitkan efek dan melakukan penawaran umum.
perusahaan sekuritas

Perusahaan penanaman modal seperti tempat penjualan atau toko di pasar modal, yaitu pihak yang telah memperoleh izin usaha dari OJK untuk melakukan kegiatan usaha sebagai perantara pedagang efek dan penjamin emisi efek, serta kegiatan lainnya sesuai dengan peraturan Otoritas Pasar Modal .
apresiasi

Capital gain adalah keuntungan dari selisih antara harga jual saham dan harga beli saham.
kehilangan modal

Capital loss adalah kerugian akibat selisih harga jual Saham lebih kecil dari harga beli.
dividen

Dividen adalah bagian dari keuntungan atau keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham.
pedagang saham

Pelaku membeli dan menjual saham yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan modal jangka pendek.
investor saham

Pembeli saham yang memegangnya sebagai investasi jangka panjang dengan tujuan mendapatkan dividen jangka panjang dan keuntungan modal.
laporan Tahunan

Perusahaan yang terdaftar di BEI wajib menerbitkan berita acara tentang kondisi keuangan emiten untuk jangka waktu 1 tahun. Laporan tahunan mencakup neraca perusahaan, laporan laba rugi dan laporan arus kas.

Sumber :