9 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Ketahui Bagi Pemula

Posted on

9 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Diketahui Pemula

9 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Di Ketahui Bagi Pemula

Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula – Akhir-akhir ini kegiatan mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh para pecinta alam, tetapi juga menjadi kegiatan favorit di kalangan anak muda yang umumnya terdiri dari pelajar. Banyak dari mereka yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung, namun tak sedikit pula yang belum begitu familiar dengan aktivitas yang satu ini. Kebanyakan dari mereka yang masih pemula dalam mendaki gunung memiliki motivasi lebih untuk mendaki karena mungkin ingin mencoba pengalaman baru yang penuh tantangan dan tidak sedikit dari mereka diperlihatkan foto keindahan alam gunung dari teman-teman yang baru saja mendaki. gunung sehingga mereka memiliki keinginan untuk mendaki gunung setelah melihat foto mereka. Namun mendaki gunung untuk sampai ke puncak bukanlah perkara mudah.

1. Melatih otot kaki dan keseimbangan

Aktivitas untuk melatih otot tungkai bisa dilakukan dengan cara lari pagi atau sore hari, usahakan rutin dilakukan seminggu sebelum mendaki. kegiatan ini bertujuan untuk melatih otot kaki agar tidak kaget saat mendaki gunung mengingat track yang harus dilalui tidaklah mudah. Tapi jangan khawatir jika Anda bisa melakukan rutinitas ini secara teratur, Anda dapat dengan mudah melewati trek yang sulit. Selain lari pagi, ada juga yang harus dilatih, yaitu keseimbangan. Untuk melatih keseimbangan, bisa dilakukan dengan latihan ringan seperti berdiri sebentar dengan satu kaki. Kegiatan ini sangat cocok dilakukan setelah Anda lari pagi atau sore hari. Jika Anda berlari di pagi atau sore hari dan Anda telah melakukan sedikit olahraga secara teratur, Anda telah melewati tahap awal dalam persiapan mendaki gunung untuk pemula.
tips mendaki untuk pemula
gunung sindoro

Baca Juga : Wisata Lubang Sewu Erorejo Wonosobo Tour
2. Jaga kesehatan Anda

Kesehatan merupakan hal yang paling vital dalam proses mendaki gunung, bayangkan saja jika naik gunung dalam keadaan tidak fit. Menurut pengalaman saya, ketika saya mendaki Gunung Sindoro ada salah satu teman saya yang tidak cocok untuk naik gunung, alhasil teman saya berhenti di tengah jalan atau tidak sampai. Tidak hanya itu, selama perjalanan sobat hanya mempersulit pendaki lain karena menghambat perjalanan dan terus mengeluh. Tentu anda tidak ingin hal ini terjadi pada anda, namun jangan khawatir, saya punya tips agar hal tersebut tidak terjadi yaitu usahakan untuk tidak tidur terlalu larut dalam seminggu sebelum mendaki gunung dan mendapatkan asupan gizi yang cukup. tidur. Jika perlu, minumlah vitamin agar Anda tetap fit hingga hari ini. untuk mendaki telah tiba.
3. Perlengkapan yang harus dibawa saat mendaki gunung

Setelah persiapan fisik sudah dilakukan, kini tinggal menyiapkan perlengkapan yang harus dibawa saat ingin mendaki gunung. Perlengkapan mendaki gunung juga merupakan hal yang harus anda persiapkan dengan baik, akibatnya bisa fatal jika tidak mempersiapkan perlengkapan yang akan anda bawa. Ceritanya tentang pengalaman saya lagi hehehe, karena dari pengalaman kita akan belajar. Dulu, saat pertama kali mendaki gunung, saya kurang memperhatikan persiapan peralatan mendaki gunung. Alhasil, aktivitas mendaki gunung yang saya lakukan tidak seindah yang dibayangkan karena minimnya peralatan. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi pada Anda. Maka dari itu, berikut adalah perlengkapan yang harus dibawa saat mendaki gunung. Yang pertama jaket, sarung tangan, tutup kepala, sepatu gunung, kaos kaki, tas besar, tas kecil, sleeping bag, tenda, matras, senter, tongkat untuk meringankan berat badan, mantel, peralatan masak gunung jika diperlukan dan tidak lupa kamera berfoto selfie di puncak gunung. jangan lupa untuk memeriksa peralatan Anda sebelum naik gunung.
4. Konsumsi untuk Dibawa
tips mendaki gunung untuk pemula
gunung sindoro

Konsumsi merupakan salah satu hal penting dalam proses mendaki gunung. Dulu saya pernah gagal mencapai puncak karena kehabisan konsumsi. Jadi ini konsumsi yang harus kamu bawa yaitu 2 botol air 1,5L, roti, nasi + lauk pauk jika perlu, mie instan, coklat untuk menambah tenaga saat mendaki, kopi atau sejenisnya dan air cadangan. Ini adalah makanan pokok yang harus saya bawa saat mendaki gunung.

Baca juga: Candi Dieng, Pesona Candi di Atas Awan Yang Eksotis
5. Cara berjalan saat mendaki

Saat mendaki gunung juga tidak sembarangan dalam berjalan, tentunya Anda tidak ingin hal buruk menimpa diri Anda. Ya saya akan berbagi tips untuk berjalan di trek gunung yang sulit. Artinya, dengan kaki Anda selalu fleksibel setiap kali Anda menginjakkan kaki di tanah dan tetap fokus pada pijakan. Jika kaki Anda kaku maka kemungkinan cedera bisa terjadi dan akan menghambat Anda dalam proses pendakian.

Sumber :