4.000 merchant Shopee akan mendapatkan pendanaan hingga Rp250 juta dari Modalku

Posted on

4.000 merchant Shopee akan mendapatkan pendanaan hingga Rp250 juta dari Modalku

Sedikitnya 4.000 merchant Shopee telah mendapatkan pendanaan dari Modalku sebagai bagian dari bentuk kerjasama kedua platform yang telah berlangsung sejak tahun 2019. Ini merupakan bentuk komitmen Modalku untuk terus menjadi solusi bagi UMKM yang kini berada di bawah payung Shopee. .

Secara total, nominal pembiayaan yang berhasil dikucurkan selama ini lebih dari Rp 55 miliar dan tidak akan berhenti di angka tersebut namun akan terus bertambah. Wilayah penyaluran dana dari kerjasama ini tidak terbatas di pulau Jawa, tetapi juga di luar pulau Jawa, antara lain wilayah Batam, Makassar, Medan, Palembang dan Bali.

Aktivitas e-commerce menjadi pilar utama dalam transformasi Indonesia menjadi negara dengan nilai ekonomi digital tertinggi di Asia Tenggara. Perubahan perilaku yang terus berkembang ini bahkan tidak menunjukkan penurunan di masa pandemi, malah terus meningkat. Perubahan perilaku tersebut mengakibatkan digitalisasi ekonomi menjadi peluang yang terbuka lebar bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produk atau jasanya secara lebih luas dan cepat.

Marsya Juwita, AVP Partnership Success Lead Modalku, mengatakan dalam siaran pers yang diperoleh Trikinet, “Sejauh ini, e-commerce di Indonesia masih menunjukkan potensi tren positif, apalagi di masa pandemi COVID-19 peran bisnis digital sangat penting bagi roda perekonomian Indonesia. Kami terus memantau dampak kerjasama Modalku dan Shopee untuk membantu kemajuan para pelaku UMKM.

Kami telah menyesuaikan akses pendanaan yang kami tawarkan dengan kebutuhan dan spesifikasi pengusaha online. Kami berharap akses pembiayaan ini dapat terus menjadi salah satu solusi bagi para pelaku UMKM di masa mendatang dan terus menunjukkan manfaat yang signifikan bagi kemajuan usahanya.” dia melanjutkan.

Pinjaman modal usaha yang diberikan kepada pedagang yang memenuhi syarat mencapai Rp250 juta dengan suku bunga pinjaman yang kompetitif. Selain itu, merchant Shopee terpilih dapat menerima cashback biaya pengelolaan 50% dalam bentuk voucher Shopee. Seluruh proses aplikasi hingga penarikan dapat dilakukan melalui aplikasi Shopee dengan jangka waktu maksimal 3 hari kerja untuk proses penarikan.

Berdasarkan observasi yang dilakukan, sektor fashion, peralatan rumah tangga, kosmetik dan personal care merupakan kategori sektor yang paling banyak dipromosikan. Sebagian besar pinjaman yang dibayarkan setiap bulan digunakan oleh pedagang untuk memenuhi kebutuhan modal pengembangan usahanya.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia mengatakan: “Kami menyambut baik kolaborasi yang dilakukan Modalku dengan Shopee. Kolaborasi ini sejalan dengan tujuan kami untuk memberikan akses fasilitas pendanaan kepada UMKM yang tergabung dalam Shopee untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan mereka. Kami ingin terus memberikan peluang dan peluang besar bagi para pelaku UMKM untuk bersaing, sehingga dapat terus tumbuh dan berkembang.”

Modalku menyediakan layanan pembiayaan digital di mana peminjam (calon UMKM) dapat menerima pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp2 miliar yang didanai oleh platform lender (perorangan atau lembaga yang mencari pembiayaan) melalui digital marketplace.

Sumber :