Pengertian Sekolah, Fungsi, Unsur, Beserta Jenjangnya

Posted on

Definisi sekolah

pengertian-sekolah

Yang dimaksud sekolah adalah penyelenggaraan pendidikan formal, informal, dan informal yang penyelenggaraannya dilakukan oleh negara atau bahkan swasta dengan tujuan utama mengajar, mengelola, dan juga mendidik siswa melalui bimbingan pendidik atau guru.

Ada juga yang menyatakan bahwa pengertian sekolah adalah lembaga pendidikan yang dirancang khusus untuk mengajar siswa di bawah pengawasan guru (guru). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian sekolah ini adalah lembaga atau gedung yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar atau kegiatan sesuai dengan jenjang pendidikan (SD, SLTP, SLTA).

Sekolah menyelenggarakan kegiatan atau kegiatan belajar mengajar dengan menampung siswa (pembelajar) dan memberikan pelajaran kepada siswa ISK sesuai jenjang, jurusan dan lain-lain. Dan untuk kegiatan atau kegiatan belajar mengajar di sekolah juga harus didukung dengan sarana dan prasarana serta berbagai peraturan / regulasi yang telah dirancang dan ditetapkan oleh pemerintah.

Elemen sekolah

Lembaga pendidikan ini terdiri dari beberapa unsur penting. Unsur-unsur sekolah ini meliputi:

1. Gedung sekolah

Sebagian besar kegiatan atau kegiatan belajar mengajar dilakukan di gedung sekolah. Di bawah ini adalah beberapa bagian sekolah yang terdiri dari;

  • kelas
  • Perpustakaan sekolah
  • Ruang laboratorium sekolah
  • Kantor guru
  • Toilet sekolah dan guru
  • Kantin sekolah dan lainnya

2. Anak sekolah / pelajar

Siswa atau murid juga merupakan elemen terpenting sekolah. Siswa adalah siswa yang mendapat pengajaran dari pendidik.

3. Guru / dosen

Guru atau tenaga pengajar merupakan unsur yang sangat penting di sekolah karena tanpa adanya guru proses belajar mengajar tidak akan berlangsung. Tentunya tenaga pengajar harus memenuhi kualifikasi tertentu agar dapat memberikan pelajaran kepada siswa.

4. Peraturan sekolah

Aturan sekolah ini adalah semua aturan yang telah diberlakukan oleh sekolah tertentu untuk memberlakukan batasan pada siswa, fakultas, dan elemen sekolah lainnya.

Fungsi sekolah umum

Secara umum peran sekolah ini adalah memberikan kelas kepada siswanya agar menjadi individu yang dapat berguna bagi dirinya sendiri dan orang di sekitarnya. Di bawah ini adalah beberapa fungsi sekolah, diantaranya sebagai berikut:

1. Pemberian pengetahuan umum

Orang yang tidak memiliki pengetahuan pasti akan sangat sulit beradaptasi dengan lingkungannya. Oleh karena itu, pendidikan sekolah mengajarkan kepada siswa (peserta didik) banyak hal tentang pengetahuan umum.

2. Memberikan pengetahuan dasar

Keterampilan dasar yang dipelajari di sekolah meliputi kemampuan belajar, menulis dan berhitung. Ketiga keterampilan dasar ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat agar dapat memperoleh pekerjaan dan juga bermanfaat bagi masyarakat.

3. Bentuk pribadi sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan. Melalui sekolah, siswa dibentuk menjadi individu yang dapat berinteraksi dan bergaul satu sama lain tanpa terhalang oleh perbedaan.

4. Penyediaan sumber daya manusia

Pendidikan di sekolah tentunya akan memberikan segala macam ilmu bagi manusia. Pengetahuan tersebut menghasilkan sumber daya manusia berkualitas tinggi yang dibutuhkan oleh dunia kerja dan masyarakat.

5. Alat transformasi budaya

Selain untuk menularkan ilmu dan keterampilan, pelatihan di sekolah ini juga dapat membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat secara umum. Pengetahuan dan keterampilan manusia dapat membantunya melakukan inovasi atau penemuan baru dalam perkembangan peradaban manusia.

Tingkat pendidikan di sekolah

Jenjang pendidikan di sekolah merupakan jenjang atau urutan pendidikan yang diterima peserta didik berdasarkan tingkat perkembangannya, tujuan yang ingin dicapai, serta keterampilan yang dikembangkan.

Sesuai dengan definisi sekolah di atas. Di bawah ini adalah beberapa tingkatan sekolah, termasuk yang berikut:

1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

PAUD adalah pelatihan dan pembinaan bagi anak-anak sejak lahir hingga usia enam tahun. Pendidikan diberikan kepada anak sejak usia dini untuk mendukung perkembangan fisik dan mental anak ke jenjang pendidikan selanjutnya.

2. Pendidikan dasar

Pendidikan dasar merupakan tahap pendidikan awal selama sembilan tahun, yaitu Sekolah Dasar (SD) selama enam (6) tahun dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama tiga tahun.

Pendidikan dasar sembilan tahun merupakan salah satu bentuk program wajib belajar yang direncanakan oleh pemerintah Indonesia.

3. Pendidikan menengah

Pendidikan menengah adalah jenjang pendidikan berikutnya setelah sembilan tahun mengenyam pendidikan dasar. Sekolah menengah ini biasa disebut dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Masa studi tiga (3) tahun.

4. Pendidikan tinggi

Pendidikan tinggi ini merupakan tahap pendidikan pasca sekolah menengah dan diselenggarakan oleh universitas. Di bawah ini beberapa program pendidikan yang termasuk dalam pendidikan tinggi antara lain.

  • diploma
  • Bujangan
  • menguasai
  • dokter

Nah itulah penjelasan tentang pengertian sekolah, fungsi, unsur dan tingkatannya. Semoga apa yang diperlihatkan tentang pentingnya sekolah dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih banyak

Sumber :