Explanation Text : Proses Terjadinya Petir

Posted on

Teks penjelasan: Proses petir dalam bahasa Inggris dan artinya

proses-terjadinya-petir

Sahabat KBI pasti pernah melihat kilat kan? Sambaran petir menjadi sangat menakutkan bagi sebagian orang karena petir berhubungan dengan arus listrik. Tapi sebenarnya petir juga bisa jadi lukisan indah di langit ya teman-teman KBI :D.

Sahabat KBI penasaran dengan proses kilatnya? berikut admin akan jelaskan kepada teman-teman KBI, yuk simak

  • Proses munculnya petir
    Untuk lebih mudah memahami terjadinya petir, kita analogikan pada kapasitor besar, di mana lempeng awan pertama, lempeng ini bisa positif atau negatif dan lempeng kedua adalah bumi, yang bersifat netral. Seperti yang sudah kita ketahui, kapasitor merupakan unsur negatif dalam perbandingan listrik yang dapat menyimpan listrik sesaat atau bisa disebut penyimpan energi. Seperti kilat, dimana juga terdapat awan yang bermuatan negatif dan positif.
  • Proses petir proses munculnya muatan di dalam awan, awan berjalan secara teratur, dan selama perjalanannya ia akan mengacu pada awan lain yang berada di satu sisi, baik di atas maupun di bawah, dengan akumulasi muatan negatif. Sementara muatan positif terakumulasi di sisi lain. Ketika perbedaan potensial antara awan dan bumi besar, terjadinya muatan negatif atau pelepasan disebut elektron.
  • Dalam proses ini, udara adalah media yang memungkinkan elektron lewat. Jika pada saat pengisian elektron dapat menembus batas isolasi udara maka akan menimbulkan ledakan atau suara guntur. Mengapa petir lebih sering terjadi di musim hujan? Karena selama musim hujan udara mengandung lebih banyak uap air, yang berarti bahwa keluaran udara yang tinggi menurunkan isolasi dan mengalir lebih mudah.

Munculnya petir

Agar lebih mudah memahami bagaimana petir terjadi, mari kita gunakan analogi kapasitor besar di mana pelat pertama adalah awan, pelat itu bisa negatif atau positif, dan pelat kedua adalah bumi dengan sifat netral. Seperti yang sudah kita ketahui, kapasitor merupakan elemen negatif dalam sambungan listrik yang menyimpan sementara listrik atau bisa disebut sebagai penyimpan energi. Seperti kilat dimana terdapat awan yang bermuatan negatif dan positif.

tindakan terjadinya petir Tindakan terjadinya muatan di awan, karena awan berjalan secara teratur dan bersentuhan dengan awan lain selama perjalanannya, yang mengarah pada akumulasi muatan negatif di satu sisi, baik di atas maupun di bawah. Sementara muatan positif terakumulasi di sisi lain. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi besar, hal ini menyebabkan pelepasan muatan negatif atau yang disebut elektron.

Dalam proses gas buang ini, udara adalah media yang dilalui elektron. Pada titik ini, jika muatan elektron dapat menembus batas isolasi udara, itu akan menciptakan ledakan atau suara gemuruh. Mengapa petir lebih sering terjadi di musim hujan? Karena pada musim hujan udara mengandung kadar air yang lebih tinggi, yang berarti daya isolasi udara berkurang dan arus dapat mengalir dengan lebih mudah.

Semoga bermanfaat bagi sahabat KBI

Sumber :