Sony merilis Xperia 10 IV dengan dukungan SoC Snapdragon 695 5G

Posted on

Sony merilis Xperia 10 IV dengan dukungan SoC Snapdragon 695 5G

Sony merilis Xperia

Selain Xperia 1 IV, Sony sebagai raksasa elektronik asal Jepang juga meluncurkan smartphone mid-range generasi keempat terbaru, yang diberi nama Sony Xperia 10 IV. Meski desain perangkat tetap sama dengan pendahulunya, smartphone ini telah melakukan upgrade internal.

Smartphone yang baru diluncurkan ini disebut-sebut sebagai smartphone 5G teringan di dunia yang ada di pasaran. Sony menjual Xperia 10 IV seharga €499 (Rp7,6 juta), dan akan mulai dijual bulan depan dalam empat pilihan warna – hitam, putih, mint, dan lavender.

Sony Xperia 10 IV hadir dengan layar OLED 6 inci dan memiliki resolusi layar Full HD+ serta rasio aspek 21:9. Smartphone ini juga menawarkan panel triluminous yang lebih terang, yang menurut Sony 50 persen lebih terang dari pendahulunya. Selain itu, layarnya juga dilindungi dengan Gorilla Glass Victus.

Sekarang! Sony telah melengkapi Xperia 10 IV dengan chipset Snapdragon 695 5G, peningkatan dari pendahulunya Snapdragon 690. Chipset baru ini diproduksi menggunakan proses 6 nm. Ada juga dukungan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB.

Sekarang masuk ke sektor kamera. Smartphone ini memiliki sensor utama 12 MP, lensa ultra wide angle 8 MP, dan lensa telefoto 2x 8 MP. Muncul dengan fitur-fitur seperti mode Otomatis Superior yang dioptimalkan, HDR Otomatis, mode malam khusus dan banyak lagi. Di bagian depan terdapat kamera 8 MP untuk selfie dan video call.

Fitur lain pada unit ini termasuk jack headphone 3.5mm, dukungan LDAC, 360 Audio dan 360 Reality Audio Upmix untuk mengubah stereo menjadi suara surround. Sony Xperia 10 IV ini juga dilengkapi dengan sertifikasi IP68 sehingga membuatnya tahan air dan tahan debu.

Smartphone ini berjalan pada sistem operasi Android 12 terbaru yang disematkan pada antarmuka pengguna khusus yang dibuat oleh Sony sendiri. Untuk bagian daya, Sony Xperia 10 IV mengemas baterai 5.000mAh dan memiliki pengisian cepat 30W.

Mirip dengan Xperia 1 IV, Sony juga tidak menyertakan pengisi daya atau kepala pengisi daya di kotak ritelnya. Ya! Hal ini terkait dengan keinginan Sony untuk mendukung keberlanjutan ekosistem bumi, seperti yang telah dilakukan oleh pembuat smartphone lainnya.

Sumber :