Teluk Kiluan, Wisata Bahari Nan Eksotis di Tenggamus Lampung

Posted on

Teluk Kiluan berada di Tenggamus, Propinsi Lampung. Teluk ini mempunyai keberagaman flora dan fauna yang paling elok dan memesona. Diantarannya seperti lumba-lumba, paus, dan pantai yang warna biru. Keelokannya itu membuat beberapa pelancong berminat untuk liburan ke arah tempat ini.

Bukan hanya itu, sarana yang dipunyaipun cukup mendukung pengunjung. Disamping itu harga cukup dapat dijangkau loh, tetapi tidak berarti keelokan alamnya murah ya. Malah alam di sini benar-benar kelihatan mahal karena panoramanya yang menarik. Benar-benar pas sekali untuk Anda liburan panjang.

Teluk Kiluan, Wisata Bahari Nan Eksotis di Tenggamus Lampung

Ada banyak beberapa hal menarik berkenaan Teluk Kiluan ini loh. Seperti daya magnetnya, dan macam kegiatan yang dapat dilaksanakan pada tempat ini. Ingin tahu kurang lebih apa sajakah?

Daya Ambil yang Dipunyai Teluk Kiluan

1. Pantai yang Cantik

Teluk Kiluan mempunyai pantai yang paling cantik dan bisa memancing ketertarikan pengunjung untuk liburan ke arah tempat ini. Selainnya pohon-pohonan hijau yang mengitarinya, air jernihnya membuat benar-benar memikat apa lagi saat langitnya ceria warna biru. Tentu akan cocok dengan warna lautnya.

Disamping itu pasir yang dia punyai warna putih dan teksturnya benar-benar halus. Adapun ombak yang tidak besar, yang mengembuskan angin sejuk di tengah-tengah teriknya cahaya matahari.

Adapun pantai yang unik, yakni pantai Gigi Hiu. Karena ada karang berantakan dengan ujungnya yang lancip seperti Gigi Hiu.

2. Pertunjukan Lumba-Lumba

Daya magnet yang terkuat dari tempat ini ialah Lumba-lumba yang pertunjukan. Apa lagi saat di mendekati dia bukanlah takut justru dekati balik manusia yang dekatinya. Lumba-lumba itu akan berdompol dan berenang ke atas pada jam-jam tertentu.

Terlihat unik sekali kan? Pasti peristiwa itu benar-benar pas menjadi koleksi video Anda. Lumba-lumba itu ada juga 2 tipe loh, yaitu paruh panjang dan hidung botol.

3. Spot Photo

Tempat ini banyak memiliki spot photo, dimulai dari perjalanan sampai hingga di pantainya. Seperti spot photo dengan background sawah, spot photo saat berenang di Laguna yang bersih dan jernih, dan photo di pantai Gigi Hiu yang unik.

Karena itu persiapkan camera terbaik Anda dan ruangan penyimpanan handphone yang banyak. Karena spot photo pada tempat ini benar-benar bermacam. Pas sekali untuk Anda yang hoby berpose.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Teluk Kiluan

Teluk Kiluan berada di propinsi Lampung, persisnya di Dusun Kiluan Negeri. Dusun itu ada di kecamatan Kalumbayan kabupaten Tanggamus Lampung. Jaraknya relatif jauh dari kota Bandar Lampung, yaitu lebih kurang 80 km sama waktu menempuh sekitaran 2 jam 30 menit berkendaraan.

Rekreasi ini membuka setiap waktu tiap hari. Tetapi ada waktu spesial untuk menyaksikan lumba-lumba, yaitu jam 16.00 sampai 17.00 dan jam 06.00 sampai 10.00 WIB. Hingga Anda dapat menyiapkan waktu untuk prediksi sampai pada tempat ini dan tidak ketinggal untuk menyaksikan lumba-lumba.

Ada banyak jalur untuk ke arah rekreasi Teluk Kiluan. Jalur atau lajur itu ialah seperti berikut:

Pertama bila Anda dari Jakarta, yang Anda harus kerjakan ialah menyebrangi selat sunda dengan mediator kapal laut yang berada di dermaga Merak. Kapal itu akan ke arah dermaga Bakuheni yang berada di Lampung.

Setelah tiba di dermaga Bakuheni seterusnya ke arah Bandar Lampung, persisnya di dusun Kiluan. Dari pusat perkotaan sampai ke lokasi rekreasi ini, Anda memakan waktu sekitaran 4 jam. Itu juga bila Anda memakai kendaraan individu.

Jalur yang Anda lalui diawali dari padang cermin selanjutnya melalui pulau pahawang sampai masuk ke persilangan pangkalan TNI AL. Saat ada di persilangan Anda harus ambil lajur samping kiri. Di mana lajur itu sebagai pangkalan AL/Bumi Marinir/Punduh Pidada.

Seterusnya Anda ke kecamatan Punduh Pidada sama waktu perjalanan sekitaran 1 jam. Anda tinggal terus sampai hingga di Pasar Bawang. Selanjutnya mengambil lajur kanan dan sampai ke persilangan yang paling akhir. Baru Anda tentukan lajur yang kiri di mana ada gapura ke Teluk Kiluan.

Akses ke arah tempat ini lumayan gampang karena jalanannya yang mulus. Tetapi siaga masih tetap dibutuhkan untuk jaga keselamatan Anda sendiri. Karena jalan itu berbentuk turunan dan kelokan yang cukup tajam.

Harga Ticket Masuk Rekreasi Teluk Kiluan Lampung

Dengan cantiknya pemandangan yang Teluk Kiluan beri, harga tiketnya termasuk murah yaitu cuman Rp 15.000 per-orang untuk ticket masuknya. Dan untuk masuk ke tempat Laguna Anda harus bayar kembali sejumlah Rp 5.000.

Disamping itu, Anda bisa juga ke pulau di laut lepas memakai perahu yang harga lumayan murah. Cukup dengan Rp 15.000 saja Anda dapat naiki perahu itu untuk ke pantai terlepas.

 

Bukan hanya itu, Anda bisa juga sewa jasa pemandu rekreasi. Cukup mahal tetapi bisa dicapai, yaitu Rp 50.000. Dengan pemandu rekreasi Anda akan ketahui beragam info di Teluk Kiluan ini.

Harga ticket ini setiap saat bisa alami peralihan. Karena peraturan dari pengurus di tempat. Umumnya saat lebaran atau hari liburan yang lain tiketnya dapat berbeda. Karena itu, persiapkan saja uang lebih ya atau datangi saja pada hari biasa, selainnya hari liburan.

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Teluk Kiluan

1. Panorama Bak Surga

Saat perjalanan ke arah Teluk Kiluan pengunjung akan disuguhi panorama alam yang hijau dan asri. Diantarannya ialah sawah-sawah dan barisan pohon-pohonan yang beri kesegaran mata. Disamping itu, adapun gapura yang mempunyai arsitektur ciri khas wilayah Lampung yang berperan sebagai tanda teluk elok ini telah dekat.

Saat Anda sampai di telukpun Anda akan menyaksikan panorama hijau pohon-pohonan dan birunya laut dengan ombak yang mengehembuskan angin. Pasirnya yang putih menambahkan cantiknya pemandangan pada tempat itu.

2. Berenang

Teluk Kiluan mempunyai sarana rekreasi yang berada dibalik bukitnya. Sarana itu ialah sebuah Laguna yang bersih dan jernih. Laguna itu mempunyai nama yakni Styleu. Pada tempat ini Anda dapat berenang sepuasnya. Tetapi untuk capai tempat ini cuman perlu waktu 30 menit dengan alat transportasi berbentuk perahu.

Laguna itu tercipta alami sama air yang jernih dan warna biru. Di mana dia masih merasakan saluran dari air laut yang ada di sampingnya. Laguna itu mempunyai kedalaman sekitaran 1 sampai 3 mtr.. Dengan begitu dia dapat digunakan sebagai tempat bermacam.

3. Snorkling

Teluk Kiluan mempunyai air yang jernih, hingga kelihatan warna biru. Hingga teluk ini mempunyai keelokan bawah laut yang paling memesona. Hal tersebut sebagai argumen diselenggarakannya sarana snorkling pada tempat ini. Terletak berada di Pulau Kelapa yang masih jadi tempat dari teluk yang cantik ini.

Jarak untuk tempuh ke Pulau itu cuman sekitaran 15 menit saja. Kemudian Anda dapat bersnorkling sekalian menyaksikan ikan yang mempunyai bermacam macam warna seperti ikan badut. Adapun bintang laut yang mempunyai warna biru yang berada di bawah laut itu. Disamping itu, adapun trumbu karang yang paling terurus dan cantik.

4. Spot Photo Pantai Gigi Hiu

Tempat ini mempunyai pantai namanya Gigi Hiu. Di pantai ini ada beberapa karang yang tinggi serupa dengan gigi hiu. Karena ujungnya kelihatan tajam dan terletak juga tidak teratur alias terlihat berantakan. Tentu saja benar-benar pas untuk Anda yang mempunyai hoby photografi.

Umumnya pengunjung berpose dengan naik di atas karang itu. Tidak boleh cemas ombak di sini relatif tenang kok alias tidak begitu deras. Bata karang itu merintangi ombak agar tidak menghajar teritori pantai.

5. Menyaksikan Lumba-lumba Berenang

Teluk Kiluan benar-benar populer dengan Lumba-lumbanya, yang mana lumba-lumba itu dapat dibawa berhubungan. Misalkan saat Anda naik perahu karena itu dia akan ada dan kelihatan dekati perahu secara perlahan-lahan. Namun, lumba-lumba ini cuman ada pada jam-jam tertentu.

Saat sore hari dia akan ada pada jam 16.00 sampai 17.00 WIB. Tetapi saat pagi hari dia akan ada pada jam 06.00 sampai 10.00 WIB. Lumba-lumba itu akan ada dan berenang sampai menyembul sampai pada permukaan.

Tidak cuma satu tipe saja lumba-lumba yang berada di Teluk Kiluan itu, tetapi ada dua tipe lumba-lumba. Diantarannya seperti lumba-lumba paruh panjang dan hidung botol. Dia jadi lumba-lumba paling banyak yang berada di dunia. Hal tersebut yang membuat pengunjung tertarik tiba ke arah tempat rekreasi ini.

Sarana yang Ada di Teluk Kiluan Lampung

Teluk Kiluan mempunyai sarana yang cukup ideal. Tentunya sarana itu bermanfaat untuk mendukung keperluan beberapa pengunjung yang ada pada tempat ini. Beberapa salah satunya ialah tempat parkir kendaraan, toilet, dan ada banyak kembali.

Disamping itu Anda yang tempat tinggalnya jauh bisa juga bermalam, karena tempat ini telah mempunyai pemondokan. Bukan hanya itu tempat ini mempunyai masjid, hingga Anda dapat melaksanakan ibadah on time.

Tempat ini banyak memiliki warung berjajaran. Tentu saja makanan di warung itu berasa nikmat dan sedap. Pas sekali dikonsumsi sesudah lelahnya berenang.

Lihat Juga:

daihatsu lampung
sewa mobil lampung
rental mobil lampung
honda lampung
sewa mobil lampung